Senin, 15 Oktober 2012

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah suatu susunan atau hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan oprasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dan yang lainnya dan bagaimana hubungan aktifitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor ke siapa.

Struktur organisasi juga memiliki beberapa elemen penting, adapun beberapa elemen tersebut adalah sebagai berikut :

    1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja

    2. Adanya standardisasi kegiatan kerja

    3. Adanya koordinasi kegiatan kerja

    4. Besaran seluruh organisasi.

Berikut contoh sederhana struktur organisasi yang dapat saya tulis :

Struktur Organisasi Rumah Makan

Untuk mendirikan sebuah usaha sebut saja rumah makan tidaklah cukup dengan modal yang banyak. Namun, juga harus memiliki manajeman serta struktur organisasi yang mumpuni agar terciptanya suatu hubungan antar tiap bagian hingga dapat menjalankan kegiatan oprasional yang baik untuk mencapai tujuan bersama. 

Dapat dilihat gambar disamping, disana dilukiskan sebuah struktur organisasi yang dibagi beberapa bagian dari atasan hingga bawahan. Mulai dari investor, manager, supervisior, teknisi, operator, koki, pelayan, pengurus lapangan, admin dan akunting, cleaning sevices dan security. Untuk lebih  lanjut dibawah ini akan saya jelaskan beberapa definisi/pengertian dari gambar diatas.

  1. Investor adalah orang/seseorang yang menanamkan modal/uang di suatu perusahaan/proyek dengan tujuan mencari keuntungan. Investasi juga dapat dikatakan sebagai suatu penundaan konsumsi saat ini untuk konsumsi masa depan.

  2. Manager adalah orang/seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang memiliki berbagai karakteristik, latar belakang budaya, pendidikan dan lain sebagainya menuju ke dalam tujuan organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian. Yaitu dengan cara pengarahan, rancangan organisasi dan pekerjaan, seleksi, pelatihan, penilaian dan pengembangan. Dengan menggunakan sistem komunikasi pengendalian dan sistem reward.

  3. Supervisior adalah orang/seseorang yang bertanggung jawab untuk hasil atas orang-orang yang diawasi terutama mutu dan jumlah dari produk dan pelayanan. Seorang supervisior juga bertanggung jawab melakukan pertemuan sesuai dengan kebutuhan karyawan guna membicarakan kepentingan dan tugas. 

  4. dll

Untuk dapat menduduki/menempati posisi tersebut diatas, kualifikasi/syarat yang harus anda penuhi adalah sebagai berikut :

  1. Berpengalaman dibidangnya

  2. Pria/wanita maks 30 tahun

  3. Dapat bekerja sendiri dan team

  4. Dapat berkomunikasi dengan profesional

  5. Jujur, ulet dan bertanggung jawab

Umumnya seperti diatas, namun jika ingin menduduki/menempati posisi teratas sudah pasti harus memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi atau pengalaman kerja yang cukup lama dibidang itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar